vXNwPj4qUNQpo38g8p3ivd6DJ6AcFOk4gL7S5iHx

Uly Riwu Kaho: KKN Membangun Kampus dan Memberi Dampak bagi Masyarakat Sekitar kampus

Uly Riwu Kaho saat membawa materi


Kupang, Warta Edukasi Publik___Universitas Persatuan Guru (UPG) 1945 melepas mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berjumlah 447 peserta. Demikian pantauan media pada Sabtu, (1/6/2024) di Aula El Tari Kota Kupang.

Kegiatan Pembukaan KKN oleh Rektor UPG 45 David RE Selan, SE,. MM. Rektor mengatakan bhawa kalian adalah orang-orang yang luar biasa karena terpilih dari 600 orang lebih yang masuk pada tahun 2021. Ini adalah panggilan jiwa, raga untuk mengabdikan diri kepada masyarakat. Sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi yang ketiga yakni Pengabdian Kepada Masyarakat. 

Secara terpisah media ini berhasil mewacarai salah satu Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Uly J. Riwu Kaho, SP., M.Si. Mengatakan: Pada dasarnya filosofi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh Mahasiswa UPG 45 dari tahun ke tahun adalah “belajar dari masyarakat”. Mahasiswa didorong untuk dapat menangkap berbagai fenomena yang ada dalam masyarakat kemudian berkontribusi secara nyata berdasarkan keilmuan yang dimilikinya. Filosofi belajar dari masyarakat ini selaras dengan tujuan kampus Merdeka. Dalam program Merdeka Belajar / Kuliah Kerja Nyata Tematik merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk terjun ke masyarakat dan menjadi agen perubahan (agen pembaharuan) untuk berperan serta dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sebagai upaya dalam mencapai tujuan pembangunan .


Lebih lanjut Uly mengatakan Berbagai macam keterampilan yang dapat dipelajari dan dimiliki oleh mahasiwa dengan mengikuti program ini adalah:

Mengidentifikasi potensi dalam masyarakat melibatkan permasalahan secara partisipatif Bekerjasama dalam tim dalam pelaksanaan pembangunan

Membangun jaringan dengan berbagai institusi baik formal maupun nonformal

Mengambil keputusan dalam melaksanakan tugas

Menyusun program pembangunan (perencanaan, pelaksanaan hingga monitoring dan evaluasi)

Mahasiswa Program Doktor Undana ini, implementasi KKN Tematik Universitas UPG pada Program Kampus Merdeka adalah mengasah softskill mahasiswa, namun ada 3 tujuan dari Pelaksanaan KKN (KUKERTA) yang dilaksanakan UPG 1945 NTT

1. Pengembangan Jati diri dan kepribadian mahasiswa (Personality Development)

2. Pengembangan Kelembagaan (Institutional Development)

3. Membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan dalam setiap wilayah di Indonesia termasuk masyarakat kampus (Community Development)

Turut hadir dalam Pembekalan dan Pelepasan KKN Periode Juni-Juli 2024 Sekretaris BPH PB PGRI, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Biro, Kabag Tata Usaha, Ketua Program Studi, Dosen, Pegawai, Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Panitia pelaksana KKN 2024. 


WEP02 


Warta Terkait

Warta Terkait

Posting Komentar