vXNwPj4qUNQpo38g8p3ivd6DJ6AcFOk4gL7S5iHx

Kuliah Kerja Nyata Lepas 447 Mahasiswa UPG 45 NTT

 

Foto: Humas UPG 45 NTT 

Kupang, Warta Edukasi Publik___Universitas Persatuan Guru (UPG) 1945 melepas mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berjumlah 447 peserta. Demikian pantauan media pada Sabtu, (1/6/2024) di Aula El Tari Kota Kupang.

 Kegiatan Pembukaan KKN oleh Rektor UPG 45 David RE Selan, SE,. MM.  Rektor mengatakan bhawa kalian adalah orang-orang yang luar biasa karena terpilih dari 600 orang lebih yang masuk pada tahun 2021. Ini adalah panggilan jiwa, raga untuk mengabdikan diri kepada masyarakat. Sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi yang ketiga yakni Pengabdian Kepada Masyarakat. 

Karena itu, nahasiswa dituntut untuk memiliki semangat korsa, moralitas dan beretika untuk berkolaborasi dengan jiwa lingkungan dan Bapak Ibu Dosen. Kami berharap mahasiswa diarahkan untuk mengkolaborasi antara teori dan praktik, mahasiswa memiliki keterampilan dalam bidang ilmu yang diperoleh tentunya mampu diterapkan di tengah-tengah masyarakat di kemudian hari, jelas David Selen, Rektor  UPG 45 itu.

Lebih lanjut David Selan, bahwa dalam mengenang hari lahir Pancasila semoga semua insan berkahi dengan semangat terutama yang hadir dalam kegiatan pembekalan Kuliah Kerja Nyata periode Juni-Juli 2024. Tri dharma Perguruan Tinggi (PT) yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Mahasiswa yang memenuhi syarat mengikuti pembekalan Kukerta berada pada dharma ke tiga yakni pengabdian kepada masyarakat. Pada pengabdiannya kepada masyarakat mahasiswa dituntut memiliki semangat dengan menjaga moralitas, etika, sopan santun serta ramah lingkungan dimana melaksanakan Kukerta. 

Hari ini, Mahasiswa diperhadapkan dengan tantangan pada kolaborasi antara teori dan praktik pada zaman ini. Mahasiswa yang ikut pembekalan bukan sembarang mahasiswa namun mahasiswa yang sudah dinyatakan layak ikut KKN karena telah lulus sejumlah SKS sehingga layak ikut KKN.

Dekan dan Wakil Dekan, Bapak, Ibu Dosen terintegrasi dalam menjawab persoalan hari ini yakni sama dengan ada sejumlah persoalan di kampus UPG yakni bagaimana menyiapkan fasilitas pendukung dalam menunjang Tri Dharma PT. 

“Fasilitas secara kasat mata mungkin sepele tapi sejarah membuktikan bahwa senior-senior, siswa pendahulu dari adik-adik siswa hari ini telah meletakan dasar tersebut melalui gedung, pagar dan jalan hingga hari ini kita menikmati dengan kegembiraan,”.

Lima belas tahun yang lalu mahasiswa kesana kemari mencari tempat kuliah bahkan kadang di bawah pohon namun hari ini UPG memiliki tanah dan gedung sehingga bisa menikmati kuliah dengan baik dan aman.

“mari  kita bergandengan tangan bekerja sama untuk mewujudkan kerja nyata kita. Saya membayangkan bagaimana semangat patriotisme, semangat persatuan untuk mengembangkan UPG yang dicintai menjadi lembaga perdamaian dalam dunia pendidikan dan bersaing secara global. Di dalam tata kelola yang baik saya mengajak semua untuk mari kita satukan semangat menghargai semua tatanan yang telah kita sepakati bersama dalam AD/ART melalui statuta Perguruan Tinggi. Mari kita sukseskan Kuliah Kerja Nyata masa depan UPG lebih baik menuju,”.

Kegiatan  Pembukan KKN diawali dengan laporan Ketua Panitia Pelaksana KKN 2024. Dalam Laporannya menyampaikan bahwa KKN melaksanakan Merujuk pada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Pendidikan Tinggi, Undang-Undang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Statuta UPG 1945 dan Kalender Akademik.

Informasi juga Mahasiswa yang mengikuti KKN adalah mahasiswa yang memenuhi syarat untuk mengikuti KKN periode Juni-Juli 2024. Lokasi KKN di Kampus UPG 45 NTT.

Turut hadir dalam Pembekalan dan Pelepasan KKN Periode Juni-Juli 2024 Sekretaris BPH PB PGRI, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Biro, Kabag Tata Usaha, Ketua Program Studi, Dosen, Pegawai, Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Panitia pelaksana KKN 2024. 


WEP02 





Warta Terkait

Warta Terkait

Posting Komentar