vXNwPj4qUNQpo38g8p3ivd6DJ6AcFOk4gL7S5iHx

Kegiatan Sosialisasi Penerapan Aplikasi E-Monev Lingkup Kabupaten Lembata

Foto kegiatan  sosialisasi penerapan aplikasi e- Monev Pembangunan

Lembata, Warta Edukasi Publik ___ Bagian Administrasi Pembangunan Setda Lembata melaksanakan kegiatan sosialisasi Penerapan aplikasi e- Monev Pembangunan, on the job training dan implementasinya pada semua perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Lembata, di Lewoleba, 22 September 2023 

Benyamin Reha, Bagian Administrasi Pembangunan Setda Lembata, menyata bahwa kegiatan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pembangunan daerah adalah suatu proses pemantauan dan supervisi dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan pembangunan serta menilai hasil realisasi kinerja dan keuangan untuk memastikan tercapainya target secara ekonomis, dan efektif. Hal ini menjadi sangat penting sebagai bahan evaluasi atas pelaksanaan pembangunan dalam bentuk realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran berjalan berupa laporan realisasi fisik dan keuangan dari kegiatan yang dilaksanakan oleh perangkat daerah. Laporan realisasi fisik dan keuangan menjadi instrument pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan anggaran yang dikelola perangkat daerah.

Terpantau oleh media, laporan realisasi fisik dan keuangan dari perangkat daerah ini juga dijadikan dasar dalam evaluasi kinerja organisasi atas realisasi pelaksanaan APBD yang dikelola oleh masing-masing perangkat daerah. Salah satu hambatan yang dialami oleh Bagian Administrasi Pembangunan Setda Lembata dalam penyusunan dokumen pelaporan adalah pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pembangunan daerah dilakukan secara parsial dan tidak terintegrasi secara baik, penyajian data yang belum akurat karena tidak berbasis digital untuk memudahkan pihak lain dalam mengakses capaian program dan kegiatan pembangunan daerah setiap tahunnya, serta masih bersifat konvensional dari OPD sehingga membutuhkan waktu, tenaga dan biaya sehingga tidak efisien dan efektif.

Benyamin Reha, juga menyatakan guna mendorong Organisasi Berkinerja Tinggi, Bagian Administrasi Pembangunan Setda Lembata telah membuat sebuah Aplikasi berbasis Web dengan nama e-Monev Pembangunan sebagai upaya meningkatkan perubahan kinerja organisasi. Aksi Perubahan yang telah dibuat oleh Sdr. Benyamin Reha, SP selaku Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Lembata yang saat ini sedang mengikuti program Pelatihan Kepemimpinan Administrator pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Propinsi NTT. Aplikasi yang dibuat ini telah di melalui proses perancangan design aplikasi, on the job training pada tim kerja, uji coba penerapan pada OPD Setda Lembata, evaluasi dan penyempurnaan.

Inovasi yang dikembangkan ini berguna dalam peningkatan pelayanan yang dilaksanakan oleh Bagian Administrasi Pembangunan Setda Lembata kepada Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lembata. Untuk mendorong peningkatan kinerja pelayanan bagi semua perangkat daerah dalam hal pelaporan pembangunan maka, pada tanggal 22 September 2023 bertempat di Aula Kantor Bupati Lembata diadakan Kegiatan Sosialisasi Penerapan Aplikasi e-Monev Pembangunan, On The Job Training bagi Admin Perangkat Daerah serta Implementasi Penerapan bagi semua Perangkat Daerah. 

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Lembata mewakili Penjabat Bupati Lembata dan dihadiri oleh semua Kasubag Keuangan Perangkat Daerah selaku Pejabat Penatausahaan Keuangan OPD, Admin OPD dan Tim Kerja Aksi Perubahan Kinerja Organisasi.

Dalam Sambutannya, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Lembata menekankan 4 tahapan pelaksanaan pembangunan yaitu : Perencaaan, Pelaksanaan, Monitoring dan Evaluasi serta Pelaporan. Disamping itu diharapkan agar semua perangkat daerah dapat mampu menggunakan aplikasi secara baik dalam pelaporan realisasi fisik dan keuangan baik pendapatan, belanja dan pembiayaan demi meningkatkan inovasi digitalisasi pelaporan karena saat ini Pemda Lembata sedang giat membangun inovasi daerah dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. Kegiatan ini disambut baik oleh semua peserta yang hadir dan mendapatkan dukungan yang positif dari perangkat daerah. Dalam kegiatan sosialisasi yang dipandu oleh Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Lembata, para peserta begitu antusias dan menginginkan pengembangan aplikasi yang sudah ada dengan tambahan menu/fitur baru yaitu pengendalian pengadaan barang dan jasa serta laporan evaluasi kinerja guna memudahkan pelaporan pembangunan daerah. Selanjutnya dilakukan kegiatan On the Job Training dan Implementasi penggunaan Aplikasi e-Monev Pembangunan oleh Tim Kerja. Kegiatan ini ditutup oleh Kepala Bagian Administrasi Pembanguan Setda Lembata pada pukul 12.30 wita.

WEP02

Warta Terkait

Warta Terkait

Posting Komentar