vXNwPj4qUNQpo38g8p3ivd6DJ6AcFOk4gL7S5iHx

Musrenbangcam Wanokaka, Pesan Bupati: Hindari Perilaku Hidup Boros



Waikabubaik, Warta Edukasi Publik----Bupati Sumba Barat Bapak Yohanis Dade, SH di dampingi Oleh Wakil Bupati Sumba Barat Bapak John Lado Bora Kabba, S.Pd, membuka Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Wanukaka Secara Resmi. Senin (30/01/2023). Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Wanukaka.

 Kegiatan yang di hadiri Oleh Pimpinan DPRD Kabupaten Sumba Barat, Sekda Kab Sumba Barat, Para Asisten dan Staff Ahli Bupati, Kepala PD/UK,Ketua dan Wakil Ketua I TP-PKK Kab.Sumba Barat, Kepala Desa Se-Kecamatan Wanukaka serta Tokoh masayarat, Tokoh Agama dan para Delegasi Musrenbang dari Setiap Desa.

Kegiatan yang didahului dengan Laporan Camat Wanukaka dan dilanjutkan dengan pemaparan program kegiatan oleh kepala Bapelitbangda ,terkait dengan Program Kegiatan dan Penyebaran Pendanaan Fisik di Kecamatan Wanukaka. Untuk dapat diketahui bahwa Penyebaran Pendanaan Fisik di Kecamatan Wanukaka di Tahun 2023 sebesar kurang Lebih 9.7 Milyard Lebih yang terdiri dari Kegiatan Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, Pertanian, Perumahan serta Peternakan.

 Dalam Sambutan Bupati Menyampaikan Bahwa Terkait dengan Penyebaran Pendanaan Fisik di Sesuaikan dengan Kebutuhan serta Ketersedian anggaran yang ada. Ditengah Keterbatasan anggaran Saat ini Pemerintah terus berupaya untuk menjawab sesuai dengan kebutuhan. Ke depan kita akan terus Berupaya untuk menjawab Apa yang menjadi prioritas dalam masyarakat. Tentu Kebutuhan Setiap Kecamatan Tidak Sama, namun disini kita melihat dari sisi Prioritas Kebutuhan yang ada. Ditambah lagi ke depan kita akan memasuki Tahun Resesi Ekonomi, maka Bupati berpesan kepada masyarakat Kecamatan Wanukaka nindari perilaku hidup boros. Tegas Bupati.

Ke depannya juga ada dua program yang menjadi sasaran Pemerintah Daerah yakni Penurunan Stunting serta Kemiskinan Ekstrim. Tentu hal ini menjadi Tanggung jawab kita bersama. Untuk itu mari kita bekerja secara bersama-sama dengan Tulus Hati dan ikhlas untuk keluar dari ketertinggalan yang ada. Ucap Bupati.

Disamping itu Pula Bupati menambahkan bahwa Selama Kurang Lebih 1 Tahun 9 Bulan Sudah Banyak Perubahan yang Telah di Capai mulai dari Penataan Kota Waikabubak yang semakin Berseri, Peningkatan Kualitas Infrastruktur dan Air Bersih dibeberapa Kampung, Serta Pemberian Dana Tambahan Melalui Dana Insentif Daerah atas Penilaian Kinerja Baik Oleh Pemerintah Pusat terkait kategori penggunaan produk dalam negeri (PDN) ,percepatan belanja daerah, dukungan belanja daerah terhadap penurunan kemiskinan, pengangguran dan stunting dan penurunan inflasi daerah. Sehingga Perlu Kita Syukuri Bersama, Ungkap Bupati.

Selain itu Pula Bupati Berpesan agar Camat dan seluruh kepala desa yang hadir agar memantau Segala program kegiatan terutama kegiatan fisik sehingga menghasilkan kualitas pekerjaan dan dapat dinikmati oleh masyarakat. Tidak Lupa Pula Bupati Berpesan Agar Dana Desa dan Dana Bantuan Operasional Sekolah di Kelola dengan Baik.

Sebelum Sambutan dan Kegiatan di Buka Oleh Bapak Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Barat Drs. D.R. Come menyampaikan dalam sambutannya, mengingatkan dan menjelaskan kembali tentang dasar hukum dalam pelaksanaan musrenbang, sehingga segala program terkait dengan anggaran atau keuangan dapat sesuai dengan dasar hukum yang berlaku. 

Setelah itu Sambutan juga di sampaikan Oleh Wakil Bupati Sumba Barat Bapak John Lado Bora Kabba, S.Pd dalam sambutannya mengharapkan agar anggaran yang telah disiapkan untuk menangani stunting, digunakan dengan baik, dan menyentuh langsung kepada masyarakat,Sehingga stunting khususnya di kec. Wanukaka dapat menurun. Wabup Jhon Lado meminta kepada dinas-dinas terkait dan masyarakat wanukaka agar serius dalam bekerja sehingga benar-benar keluar dari kategori kemiskinan dan pengangguran , karena secara garis besar wilayah wanukaka merupakan wilayah pertanian terkhususnya sebagai Lumbung Pangan di Kabupaten Sumba Barat. (Nat&Om, WED02)

Warta Terkait

Warta Terkait

Posting Komentar