vXNwPj4qUNQpo38g8p3ivd6DJ6AcFOk4gL7S5iHx

Gempa dengan Magnitudo 5,5 Menggetarkan Kota Kupang dan Sekitarnya

Pohon Tumbang Akibat Gempa

Warta Edukasi Publik --- Gempa Bumi dengan magnitudo 5.5 menggetarkan Kota Kupang dan sekitarnya, di Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada hari Minggu, 20 November 2022, pukul 21.49 Wita. Akibatnya banyak warga yang bereaksi dengan cara keluar rumah untuk mengamankan diri masing-masing.

Akibat lain dari adanya gempa tersebut terdapat beberapa pohon yang tumbang, dan ada pula pohon yang tumbang melintasi jalan raya sehingga sempat mengganggu para pengguna jalan di lokasi yang bersangkutan. 

Menurut pengakuan Bapak Stef Seo seorang ASN bahwa sampai dengan Senin pagi, 21 November 2022, ia sempat terhambat oleh pohon yang tumbang di jalan, di daerah Noelbaki, Kabupaten Kupang. Akibatnya ia kembali ke rumahnya mengganti kendaraan dengan sepeda motor agar dapat melanjutkan perjalanan menuju kantor. Terlambatnya penanganan pohon tumbang tersebut sebagai akibat dari terlambatnya laporan masyarakat kepada pihak terkait.

Hingga berita ini diturunkan belum ada informasi tentang kerugian lain terkait adanya gempa bumi tersebut.

Sekedar untuk diingat bahwa gempa bumi adalah guncangan atau getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat adanya pelepasan energi dari dalam bumi secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Hal ini dapat terjadi karena adanya lempengan yang bergerak ke satu arah, yang semakin lama kian membesar dan akhirnya mencapai keadaan di mana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan dan terjadi pelepasan sejumlah energi yang besar. (WEP01)

Warta Terkait

Warta Terkait

Posting Komentar