vXNwPj4qUNQpo38g8p3ivd6DJ6AcFOk4gL7S5iHx

ASBN Latsar CPNS Gelombang XV

 

Peserta Latsar CPNS, Widyaiswara dan Pendamping sedang melaksanakan Kegiatan ASBN

Warta Edukasi Publik --- Peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Gelombang XV Blended Learning Tahap Klasikal, Angkatan 75, 205 dan 206 melaksanakan Kegiatan Api Semangat Bela Negara (ASBN) pada Rabu, 16 November 2022 di Kampus BPSDMD NTT. ASBN ini merupakan salah satu rangkaian pembelajaran Agenda I Latsar CPNS yang dilaksanakan sejak pagi pukul 08.00 Wita dan berakhir pada pukul 22.15 Wita. 

Pembelajaran Agenda I Latsar CPNS tersebut diawali dengan Review Materi Wawasan Kebangsaan, Isu Kontemporer, serta Kesehatan Jasmani dan Mental, dilanjutkan dengan materi keprotokolan, serta praktik baris-berbaris dan Kesiapsiagaan Bela Negara. Lalu berpuncak pada kegiatan ASBN.

Kegiatan ASBN difasilitasi oleh Widyaiswara BPSDMD NTT, yakni Daud Amarato D., M.Si., Michael J. Takesan, S.K.M., M.Si., Ir. Mardiana Kalumbang, M.M., Katarina Nikmat, S.E., M.A.P., Emanuel Sirade, S.Fil. dan Stefanus Seo, S.Fil., M.A.P. yang didukung oleh panitia dan pendamping pada masing-masing angkatan. 

Kegiatan ASBN ini warnai dengan yel-yel angkatan yang bergemuruh dan membakar semangat seluruh peserta Latsar maupun Widyaiswara, Panitia Penyelenggara dan Pendamping Latsar. Diikuti dengan permainan game-game yang menguji kerja sama dan kekompakan Peserta Latsar CPNS.

Selanjutnya diisi dengan renungan ASBN yang dibawakan oleh Daud Amarato. Dalam renungan ASBN peserta latsar didorong agar mengenal dan menggali potensi terbaiknya untuk dijadikan sebagai modal utama dalam upaya memberikan bhakti terbaiknya bagi bangsa dan negara menuju Smart ASN dan Bikokrasi Pemerintahan Kelas Dunia. Peserta juga diminta agar membuang hal-hal buruk yang dapat mengganggunya dalam melaksanakan tugas sebagai seorang ASN. Hal ini ditandai dengan pembakaran daftar keburukan ke dalam api unggun yang telah dinyalakan.

Dalam renungan ASBN itu, Daud Amarato memberikan makna bahwa kehangatan api unggun menggambarkan kehangatan perasaan, kebersamaan dan rasa saling tolong-menolong antar sesame ASN. Kemerahan api juga menggambarkan keberanian di dalam menghadapi tantangan dan rintangan. Bara api adalah simbol dari semangat yang terus menerus berkobar dalam jiwa sanubari peserta Latsar CPNS dan semua pihak yang terlibat. Suasana hening dalam Acara ASBN menunjukkan keseriusan dalam permenungan diri.

Api unggun yang dinyalakan pada akhir kegiatan Agenda I Latsar saat itu, sebagai pertanda bahwa adanya kemenangan melawan segala bentuk kelemahan diri. Asap api menggambarkan adanya semangat untuk mencapai cita-cita yang terus membumbung ke angkasa untuk selama-lamanya.

Di akhir kegiatan kegiatan, Michael J. Takesan berpesan agar semua Peserta Latsar dapat memaknai seluruh rangkaian kegiatan ASBN dengan baik, serta tetap semangat melanjutkan rangkaian kegiatan Latsar CPNS Blended Learning Tahap Klasikal yang telah dibuka pada Senin, 14 November 2022 dan akan berakhir pada Sabtu, 19 November 2022. (WEP03)

Warta Terkait

Warta Terkait

Posting Komentar