vXNwPj4qUNQpo38g8p3ivd6DJ6AcFOk4gL7S5iHx

Sarce Mauding: Tanamkan Pada Generasi Pertahankan Budaya Pahalang Posola





Sumber Foto Saat kegiatan pahalang 


Wetana, Warta Edukasi Publik Praktek Seni Budaya dan Ketrampilan SDN Wetana atraksi Pahalang/Pasola Jara Ngaingo, dalam rangka menyongsong Pasola Garo, semoga anak-anak sebagai pemilik dan penerus budaya, tetap mempertahankan. Wetana 11- 03-2023

Kepala sekolah SDN Wetana, Sarce Mauding mengatakan terkait Tahun depan pasti lebih meriah lagi, Tadi saja tanpa pemberitahuan banyak orang tua yang nonton dan sangat antusias, bahkan mereka dukung, karna anak-anak dilatih sejak sekolah Dasar, 

Ada harapan nya agar seluruh masyarakat wetana agar di dukung kegiatan ini, karena dapat mengajarkan anak-anak kita agar budaya di pertahankan Ia mengatakan Mohon dukungan agar tahu depan lebih meriah, dan anak-anak tetap ingat sejarah budaya mereka. Dalam kegiatan ini kami guru juga menuturkan sejarah Pasola, Nama rato-rato/ dan suku-suku yang berperan saat ritual dan saat kegiatan pahalang/pasola.

Sebelum kami lakukan kegiatan ini kami sudah mendapat restu rato kami juga undang kesekolah Tede Bota, jokinya Wage Keja artinya kami jelaskan bahwa sebelum pahalang ,kami juga mensejarahkan dulu kepada anak-anak, bagaimana bisa ada budaya pahalang Garo ini. 

Ada harapan besar dari ibu Kepsek ini, agar anak-anak tidak melupakan sejarah pahalang ini, baik dari awal kenapa pahalang ini, karena itu ini menjadi tugas kita bersama untuk memperkuat dan mempertahankan budaya warisan leluhur yang unik ini. Kami dari Wetana juga bisa, di akhir dari wawancara Via telpon ini, dengan guyonnya , Garo Rindu listrik juga, sambil mengatakan HP Mau mati karena listrik belum ada. 

Saat kegiatan Tokoh atau ratonya SDH kami undang lebih dulu sekalian minta ijin dan ada beberapa tokoh dari orang tua murid dan ketua komite, dan turut hadir Bapak muda Tego dengan Domi Deta mone, masih banyak masyarakat yang menyaksikan kegiatan ini. 


WEP02 

Warta Terkait

Warta Terkait

Posting Komentar